KKN UNIDA GONTOR PUTRI; PENGEMBANGAN BULETIN SEBAGAI WADAH INFORMASI DAN KREATIVITAS LITERASI MAHASISWI

Ada yang berbeda dengan kegiatan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) tahun ini di Universitas Darussalam Gontor Kampus Putri. KKN tahun 2021 ini diadakan secara tematik dengan mengambil mitra-mitra yang ada di dalam kampus seperti Unit Usaha Unida, Pusat Bahasa, Sektor-Sektor dan bahkan perpustakaan. Hal ini dikarenakan pandemi Covid-19 yang belum kunjung usai. Meskipun begitu, KKN Tematik ini tetap dapat berjalan dengan lancar dan semestinya.

Salah satu kegiatan yang dapat dijadikan wilayah untuk menjadi objek KKN kali ini adalah perpustakaan. Kelompok 73 KKN Tematik berusaha untuk meningkatkan kualitas dan minat mahasiswi UNIDA Kampus Putri terhadap literasi melalui pengembangan buletin. Buletin pada dasarnya dimiliki hampir seluruh universitas di Indonesia karena berfungsi sebagai media informasi dan kreativitas mahasiswi dalam literasi.

Namun, UNIDA Kampus Putri nampaknya belum tergerak untuk membuat buletin tersebut. Maka, kelompok 73 KKN Tematik 2021 berusaha untuk membuat buletin agar minat dan inisiatif mahasiswi untuk mengembangkan kemampuan menulisnya dapat tergerak.

Dalam rangka merealisasikan buletin yang nantinya akan berbentuk digital (e-buletin) dan fisik sebagai dokumentasi, maka tim 73 telah melakukan berbagai wawancara dengan mahasiswi-mahasiswi berprestasi dan memiliki dedikasi tinggi terhadap dunia literasi seperti Duta Kampus, Duta Bahasa, Duta Seni dan Mahasiswi Berprestasi. Wawancara ini berguna sebagai motivasi untuk seluruh mahasiswi UNIDA Kampus Putri agar terus berkarya dan mengembangkan kemampuan tulis-menulisnya.

Selain itu, kelompok 73 juga mengadakan perlombaan dengan tajuk “Give & Give” yang diperuntukkan bagi seluruh mahasiswi UNIDA Putri reguler maupun guru dari semester 2 hingga 8. Perlombaan ini memberikan keuntungan bagi penyelenggara dan partisipan, dimana keduanya akan diuntungkan karena ketika partisipan memberi karya terbaiknya, maka ia akan mendapatkan hadiah dari penyelenggara. Karya yang telah dikirimkan, nantinya akan diterbitkan bersamaan dengan buletin dan disebarkan melalui media sosial.

Harapannya, buletin ini akan terus menjadi wadah informasi dan kreativitas mahasiswi dalam mengembangkan kemampuannya dalam tulis-menulis. Sehingga, kemampuan akademik dan intelektual mahasiswi terus meningkat dan mampu bersaing dengan universitas lain dalam bidang akademik dan literasi. (Rabu, 28 April 2021)

 

KKN Kel. 73

Penulis: Zahra Fariha N. Artyasa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *