PENDAMPINGAN PELAKSANAAN PROGRAM 5R DI UNIT USAHA UNIDA KAFE

Pada tanggal 04/08/2021, Kampus Universitas Darussalam Gontor membuka kegiatan tahunan yaitu KKN. KKN pada tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya di karenakan kondisi covid-19 yang masih belum pulih, memungkinkan Unida GONTOR untuk mengambil keputusan mengadakan KKN Tematik di mitra-mitra yang berada di dalam kampus Universitas Darussalam GONTOR. KKN Tematik ini bertujuan agar Meningkatkan empati dan kepedulian mahasiswa, Menerapkan IPTEKS secara team work dan interdispliner, Menanamkan nilai kepribadian: a) Keuletan, etos kerja dan tangung jawab; b) Kemandirian, kepemimpinan dan kewirausahaan, Menanamkan jiwa peneliti sejak dini: a) Eksploratif dan analisik, b) Mendorong learning community dan learning society, Kontribusi melalui aktivitas yang bisa memecahkan permasalahan di dalam kampus, Sebagai sarana tidak langsung dalam promosi dan branding institusi. Peserta keseluruhan KKN Tematik pada tahun ini berjumlah 922 Mahasiswa/I dari tiap tiap kampus, dengan rincian 389 peserta dari kampus unida putra dan 533 peserta dari kampus Unida Putri.

Pada KKN Tematik ini kelompok 6 dari kampus Unida Putra mendapatkan amanah untuk melakukan kontribusi pada Mitra Unit Usaha Unida Kafe yang terletak diantara Asrama Umar Bin Khatab dan Abu Bakar As-Shidiq. U3 Kafe dikelola secara langsung oleh mahasiswa mencakup keuangan, pemasaran, operasional dan penataan tempat. U3 Kafe juga merupakan tempat yang nyaman untuk mahasiswa mengerjakan tugas, diskusi, bercanda gurau dan lain sebagainya. U3 Kafe menyediakan makanan siap saji, aneka minuman dan cemilan yang menambah kelengkapan dan kenyamanan bagi mahasiswa dalam mengerjakan tugas Dalam segi produksi dan manajemen pada usaha mitra, U3 Kafe menyediakan makanan siap saji, aneka minuman, aneka cemilan, dan lain sebagainya. Adapun manajemen keuangan dikelola langsung oleh mahasiswa dan staff mitra U3 Kafe.

Setelah melakukan wawancara terhadap mitra dan observasi lapangan, beberapa masalah yang sering terjadi dalam pengelolaan U3 Kafe yaitu:

  1. Penataan ruang yang kurang kondusif antara tempat masak dan penyajian makanan
  2. Kurangnya kebersihan alat masak, tempat masak, dan tempat makan.

Maka tim KKN Tematik Kelompok 6 melakukan Penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) yang merupakan salah satu bentuk upaya untuk menciptakan lingkungan kerja yang aman, sehat, bebas dari kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja menuju peningkatan produktivitas kerja.

Salah satu penerapan keselamatan dan kesehatan kerja yaitu dengan menerapkan Program 5R (Ringkas, Rapih, Resik, Rawat, Rajin). Program 5R merupakan suatu metode penataan dan pemeliharaan area kerja secara intensif yang berasal dari Jepang. Program 5R digunakan oleh manajemen dalam usaha memelihara ketertiban, efisiensi, dan disiplin di area kerja sekaligus meningkatkan kinerja perusahaan/tempat kerja secara menyeluruh. Program 5R terdiri dari:

  1. Ringkas, merupakan kegiatan menyingkirkan barang-barang yang tidak diperlukan sehingga segala barang yang ada di lokasi kerja hanya barang yang benar-benar dibutuhkan dalam aktivitas kerja.
  2. Rapi, segala sesuatu harus diletakkan sesuai posisi yang ditetapkan sehingga siap digunakan pada saat diperlukan.
  3. Resik, merupakan kegiatan membersihkan peralatan dan area kerja sehingga segala peralatan kerja tetap terjaga dalam kondisi yang baik.
  4. Rawat, merupakan kegiatan menjaga kebersihan pribadi sekaligus mematuhi tahap sebelumnya (3R).
  5. Rajin, pemeliharaan kedisiplinan pribadi masing-masing pekerja dalam menjalankan seluruh tahapan 5R

Tujuan dari penerapan 5 R ini di mitra unit Usaha Unida Kafe adalah Untuk membentuk upaya menciptakan lingkungan kerja yang aman, sehat, bebas dari kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja menuju peningkatan produktivitas kerja. Kemudian bertujuan untuk membekali pengetahuan, membangun budaya 5 R, serta fasilitas Staff Mitra u3 kafe dalam melaksanakan kegiatan di mitra yang aman dan sehat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *