KKN UNIDA PUTRI; PROGRAM PEMBERDAYAAN DAN PENDAMPINGAN KARYAWAN UNTUK MENINGKATKAN PEMASARAN AYAM GEPREK DI ROYA KANTIN

Pelaksanaan KKN tahun 2021 memiliki konsep yang berbeda dari KKN sebelumnya. Jika sebelumnya KKN merupakan bentuk pengabdian masyarakat yang benar-benar dilakukan di lapangan pengabdian, namun ditahun ini dengan adanya pandemi yang melanda hampir seluruh negara di dunia, model pengabdian masyarakat tersebut diubah dalam bentuk tematik. KKN Tematik ini dirancang khusus sebagai solusi pelaksanaan KKN selama masa pandemic Covid-19. Pelaksanaan KKN tematik ini dilakukan dilokasi mitra terdekat dengan lingkungan mahasiswinya. Dengan peserta yang lebih dari 900 mahasiswa/mahasiswi, Universitas Darussalam gontor telah menyiapkan lebih dari 10 unit mitra bagi para mahasiswi yang berada di Universitas Darussalam Gontor kampus putri.

Salah satu mitra yang terlibat menjadi objek pelaksanaan kuliah kerja nyata kali ini ialah unit usaha kantin roya. Unit usaha ini bergerak dalam bidang konsumsi dengan produk unggulan yaitu ayam gerpek. Roya kantin juga menjual beberapa menu lainnya seperti ayam reechease, nasi goreng, dan beberapa olahan ayam lainnya. Tidak hanya itu selain menjual makanan dalam bentuk olahan ayam, kantin ini juga menyediakaan beberapa pilihan minuman seperti es the, es jerus, cheese tea, dan beberapa minuman lainnya. Selain menyediakan tempat yang nyaman untuk para konsumen, kantin roya juga menerima pemesanan secara delivery.

Namun, jika dilihat dalam beberapa aspek, kantin roya ini masih banyak kekurangan dan perlu mendapatkan beberapa perubahan untuk meningkatkan pemasaran, hal ini yang mendorong kelompok 70 dari kuliah kerja nyata (KKN Tematik) 2021 untuk berkerjasama dengan unit usaha kantin roya dalam program pemberdayaan dan pendampingan karyawan untuk meningkatkan pemasaran ayam geprek di kantin roya. Adapun beberapa permasalan yang ditemukan ialah seperti kurangnya penerapan marketing mix yang meliputi aspek product, place, price, and promotion. Untuk itu kelompok 70 dari KKN tematik Universitas Darussalam Gontor kampus putri ini mencoba untuk memberikan solusi kepada kantin roya dalam menangani permasalahan tersebut.

Adapun beberapa kegitaan yang kami lakukan diantaranya melakuakan penyuluhan mengenai pengukuran kosistensi rasa dan ukuran kepada karyawan kantin roya agar ukuran dan rasa ayam gerpek tidak berubah-ubah, selanjutnya kami juga mendekorasi ruang makan dengan penempelan stiker dinding agar mendambah nilai estetik roya kantin, program selanjutnya ialah pembuatan dan penempelan stiker di kotak pemesanan ayam geprek, sebagai logo produk guna untuk memberikan identitas toko kantin roya, pendesignan banner, pendesignan pamphlet juga kami lakuakan untuk memberikan identitas toko dan juga tentunya untuk menarik minta konsumen untuk berkunjung ke roya kantin,

Program terakhir yang kami lakukan, berupa penggunaan paper box yang lebih ramah lingkungan sebagai pengganti penggunaan sterofoam untuk kemasan ayam geprek. Inovasi yang kami lakukan ini dalam rangka untuk membentu kantin roya dalam meningkatkan pemasaran hasil produksinya. Dengan adanya kegiatan pengabdian ini kami harapkan kantin roya dapat lebih maju dimasa yang akan datang dan dapat lebih meningkatkan pemasaran produknya tidak hanya di lingkungan sekitar melainkan juga dalam lingkup yang lebih luas. (Sabtu, 25 April 2021)

KKN Kel. 70

Penulis: Darmelia puspita sari

Editor : Admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *