KKN Tematik; Budidaya dan Diversifikasi Tanaman Hias Miana UNIDA Gontor Putri

Diversifikasi adalah usaha meningkatkan hasil pertamanan dengan cara memperbanyak jenis tanaman pada suatu lahan. Diversifikasi tanaman dilakukan agar pertamanan tidak hanya menghasilkan satu jenis tanaman. Contoh diversifikasi pertamanan adalah sistem tumpang sari yaitu menanam beberapa jenis tanaman secara bersamaan pada lahan yang sama, misalnya, menanam secara bersama-sama ubi kayu, kedelai, dan jagung. Diversifikasi dapat dilakukan diantara dua musim tanam atau pada satu musim secara bersamaan

Budi daya tanaman adalah kegiatan untuk memproduksi tanaman atau bagian tanaman yang dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan manusia melalui pengelolaan tanaman dan lingkungan tumbuhnya, seperti tanah, air, udara, dan cahaya matahari. Dalam budi daya tanaman, hasil yang maksimal dapat dicapai jika tanaman dipelihara dan lingkungan tumbuh tanaman dapat dikendalikan dengan baik. Hasil budi daya tanaman dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan sendiri atau sebagian dipasarkan sehingga usaha budi daya tanaman dapat menjadi mata pencaharian masyarakat. Budidaya yang kami terapkan adalah budidaya tanaman di polybag mempunyai keterbatasan, karena ruang untuk pertumbuhan akar terbatas. Oleh karenanya komposisi media tanam yang digunakan akan sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan tunas pada setek.

Rancangan metode pengabdian yang akan kami laksanakan dengan cara stek batang. Pamanfaatan lahan yang ada sebagai area pembibitan dan budidaya tanaman hias, pembuatan media tanah dengan komposisi yang terdiri dari tanah, pupuk dan sekam, bibit yang digunakan memanfaatkan dari tanamn hias yang ada di area kampus dan juga pembelian bibit baru guna memperbanyak varian tanaman hias.

Selaras dengan prioritas mitra kerja kami yakni Dewan Mahasiswa bagian peduli lingkungan yang memiliki program kerja merawat dan mengembangkan tanaman-tanaman yang ada di Universitas Darussalam khususnya dalam bidang tanaman hias, maka dalam penelitian ini kami memilki tujuan bersama untuk membudidayakan dan mengembangkan tanaman hias yang kerap digunakan untuk dekorasi berbagai acara di Universitas Darussalam Kampus Mantingan. Berdasarkan hal tersebut maka kami merumuskan bagaimana cara memberdaayakan tanaman hias agar dapat digunakan sebagai instrument dekorasi untuk acara di Universitas Darussalam Gontor Kampus Mantingan. Selain itu, kami juga merumuskan bagaimana meningkatkan jumlah tanaman hias untuk dijadikan instrument dekorasi di Universitas Darussalam Gontor Kampus Mantingan. Diharap hasil dari pengabdian ini akan bermanfaat bagi kami dan mitra kerja khususnya serta bagi seluruh mahasiswi Universitas Darussalam Kampus Mantingan umumnya. Hasil dari tanaman yang kami dapatkan adalah sebanyak 40 tanaman miana yang subur dan terawat. (Sabtu, 25 April 2021)

KKN Kel. 63

Penulis : Safirah Ramadhina Lubis

Editor : Admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *