Workshop Lalu Lintas Dan Keselamatan Dalam Berkendara di Universitas Darussalam Gontor

DEMA– Departemen Pertahanan Dewan Mahasiswa UNIDA Gontor mengadakan kegiatan Workshop lalu lintas dan keselamatan dalam berkendara yang dilaksanakan di Hall Lantai 4 Gedung Utama UNIDA Gontor pada Jum’at (15/6/22). Wakil Direktur Kepesantrenan Al-Ustadz Imam Haryadi, S.H.I., M.S.I. membuka acara Workshop lalu lintas sekaligus turut hadir Kanit Kamsel Satlantas Ponorogo Ipda Bagus Sulistiyono sebagai pembicara didampingi jajarannya untuk mengisi Wokrshop lalu lintas.

Dalam sambutan Wakil Direktur Kepesantrenan, beliau menyampaikan acara workshop diharapkan lebih menyadarkan mahasiswa UNIDA gontor lebih berdisiplin dalam berkendara, bukan hanya berdisiplin di dalam kampus namun di jalanan pun harus berdisiplin.

Workshop lalu lintas ini bertujuan untuk menambahkan pengetahuan mahasiswa tentang berkendara di jalanan umum, khususnya mahasiswa yang menggunakan sepeda motor. Disamping itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk meminimalisir angka kecelakaan yang dialami Mahasiswa UNIDA, melihat banyaknya teguran dari berbagai kalangan masyarakat terkait perilaku berkendara Mahasiswa UNIDA yang tidak mematuhi peraturan rambu-rambu lalu lintas.

“Workshop ini diwajibkan untuk semester 1 dikarenakan banyaknya mahasiswa semester 1 yang lalai akan peraturan-peraturan berlalu lintas”, ucap Ustadz Imam Haryadi.

Salah satu faktor banyaknya kecelakaan karena pengguna jalan tidak mengetahui pelaturan dengan benar, sehingga adanya indikasi angka-angka kecelakaan lalu lintas yang selalu meningkat dari tahun ke tahun. Dalam menangani hal ini perlu perhatian khusus dari berbagai pihak dalam mencegah, menjaga dan meminimalisir terjadinya kecelakaan terutama di kalangan Mahasiswa UNIDA Gontor.

Ipda Bagus Sulistiyono dalam menyampaikan materinya bahwa hal-hal yang wajib dipersiapkan sebelum berkendara pertama kesehatan diri, kesehatan motor, menyiapkan surat-surat berkendara, dan menggunakan helm.

Kemudian, perlu adanya edukasi disiplin berlalu lintas kepada Mahasiswa khususnya Mahasiswa baru dalam berkendara di jalan agar lebih taat dan lebih berhati hati berlalu lintas. Dengan keadaan kendaraan yang memenuhi standar layak pemakaian

Oleh sebab itu, salah satu edukasi dalam mengurangi angka kecelakaan tersebut dengan mengadakan Workshop Lalu lintas yang akan melibatkan seluruh Mahasiswa Baru terutama agar mahasiswa bisa langsung mendapatkan edukasi langsung dari Satuan Lalu lintas  Kepolisian.

Departemen Pertahanan Dewan Mahasiswa UNIDA Gontor membuat program kerja untuk mengadakan kegiatan Workshop lalu lintas keselamatan dalam berkendara dengan tema Disiplin lalu lintas Sebagai kunci Kesalamatan Berkendara untuk menambah wawasan Mahasiswa Universitas Darussalam Gontor tentang tata cara dan etika berlalu lintas.

[Editor.Jahhid]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *