Seminar Jurnalistik : Media Massa Dalam Revolusi Digital

DEMA- Pembahasan lain dalam Seminar Jurnalistik yang diadakan oleh Dewan Mahasiswa Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor yaitu tentang Media Massa dalam Revousi Digital yang disampaikan oleh Drs. Eko Pamuji, M.I.Kom. pada Senin pagi (29/8) di Hall Sirah UNIDA Gontor.

Drs. Eko Pamuji, M.I.Kom adalah Dosen Ilmu Komunikasi sekaligus seorang wartawan. Kini beliau menjabat sebagai Sekretaris Jendral dalam Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Pusat dan juga Sekretaris PWI Jawa Timur.

Dalam paparannya, beliau menyampaikan tentang Makna Bahasa, maksudnya adalah Bahasa menunjukan bangsa, bahasa menunjukan kepribadian seseorang dan juga bahasa menunjukan tingkat intelektualitas seseorang.

Beliau juga mengutip dari Confusius, ‘Bila saya menjadi pemimpin negara, hal pertama yang akan saya lakukan adalah meluruskan BAHASA. Sebab, bila bahasa tidak lurus, apa yang seharusnya dikatakan, tidak tersampaikan. Bila yang seharusnya dikatakan tidak tersampaikan, yang seharusnya dikerjakan, tidak dikerjakan atau keliru dikerjakan. Bila apa yang seharusnya dikerjakan tidak dikerjakan, moral dan seni akan runtuh. Bila moral dan seni runtuh, rakyat akan kehilangan pegangan. Bila rakyat kehilangan pegangan, negara akan kacau balau.’

Bahasa yang digunakan dalam media massa haruslah ringkas atau efesien, kemudian jelas dan efektif, Populer dan juga komunikatif. karena melihat audience atau khalayak luas, ditambah dengan masyarakat Indonesia yang heterogen. Dari pedagang kaki lima sampai pejabat tinggi, tidak membodohi atau membosankan bagi yg berpendidikan tinggi, tidak menyulitkan, tapi mudah dipahami oleh yang berpendidikan rendah.

Kemudian diakhir penyampaiannya, beliau memberikan 3 bekal bagi wartwan, yaitu pengetahuan, keterampian, dan wawasan.

Pengetahuan, Sejarah media massa, pengertian jurnalistik, produk jurnalistik, berita, reportase, kode etik jurnalistik, bahasa jurnalistik, pers, media, wartawan, reporter, redaksi, editor, media cetak, media elektronik, media online dan sebagainya.

Keterampilan,Keterampilan menulis, Keterampilan wawancara, Keterampilan lobi, Keterampilan di lapangan, Keterampilan membangun jaringan, Keterampilan membangun citra diri.

Wawasan, Selalu update terhadap situasi terkini. Selalu membaca perkembangan berita. Selalu bergaul dengan semua lapisan masyarakat (egaliter) Mengikuti seminar Mengikuti diskusi Silaturahim dengan tokoh dan narasumber Terbuka terhadap perubahan dan terus belajar.[]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *