Choose Your Future 2020: Invest Your Dreams From Now

DEMA – Departemen Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa Dewan Mahasiswa Universitas Darussalam Gontor bekerja sama dengan Student and Alumni Study (SADC) Study Tracer UNIDA Gontor mengadakan seminar Choose Your Future 2022 pada Ahad (28/8) di Hall Lt. 4 Gedung Terpadu UNIDA Gontor.

Tema acara ini adalah “Invest Your Dreams From Now”, maksudnya hasil yang akan kita peroleh di masa yang akan datang berasal dari apa yang kita kerjakan sekarang. Karena sesungguhnya kesuksesan tidak datang secara tiba-tiba. Banyak orang hanya melihat hasilnya saja tanpa melihat proses bagaimana mereka bisa menjadi sukses. Ada pepatah mengatakan bahwa “Tomorrow is Today” artinya besok adalah hari ini. Apabila kita dalam menjalani hidup hanya mengikuti alur, dan tidak melakukan sebuah inovasi atau sesuatu yang berbeda maka kita akan kalah bersaing dengan yang lainnya dan akan terdisrupsi oleh waktu.

Ustadz Safiruddin menyampaikan bahwa dalam memilihi tujuan hidup, pilihan yang kita pilih dapat menjadi pilihan yang terbaik namun juga dapat menjadi pilihan yang terburuk. Selain itu Ustadz Safiruddin juga menyampaikan faktor apa saja yang dapat mempengaruhi pilihan kita, diantaranya. Purpose of Life, Experience, Enviroment, Potensi Pskilogis. Selain itu Ustadz Safiruddin beberapa point-point penekanan seperti memaafkan diri sedniri akan kesalahan-kesalahan dimasa lalu, sehingga kita siap untuk menyambut masa depan. Point selanjutnya adalah dalam menentukan pilihan hidup, kita juga harus memastikan bahwa lingkungan yang kita tempati juag mendukung tujuan yang ingin kita capai. Dan point terakhir Ustadz Safiruddin menyampikan bahwa bahwa Allah lah yang paling memahmi dirimu dalam menentukan pmasa depan kita. Maka kita sebagai Muslim harus selalu beristikharah setiap melakukan sesuatu.

Pada sesi selanjutnya yang disampaikan oleh Ustadz Muhamad Haikal, beliau membawakan materi yaitu “How to Map Your Future”. Secara umum beliau membahas bagaimana cara kita dapat meraih kesuksean seuai denga napa yang kita inginkan. Beliau menuturkan bahwasanya ada 5 tahapan seseorang untuk meraih kesuksesan. Pertama, kita harus pahami dan kenali diri kita sediri. Hal ini bisa kita lakukan dengan, membuat mind mapping kelebihan dan kekurangan skil kita yang kita punya. Karena sesungguhnya hanya kitalah yang dapat mengetahui hal tersebut.

Kedua, mengeksplorasi atau mandalami apa saja karir yang dapat kita pilih dengan kecocokan yang ada pada diri kita. Melakukan research adalah hal yang paling penting untuk mengeksplorasi lebih jauh lagi. Selain itu, juga kita perlu mencari apakah karir tersebut berada di lingkungan kita.atau kita bisa mencari pelatihan apa agar kita bisa meningkatkan skil kita.

Ketiga, melakukan keputusan. Pada tahap ini, kita harus berfikir dan mungkin bisa menanyakan kepada yang lebih berkompeten, jika kita masih bingung dalam proses pemilihan. Apakah karir ini bisa cocok dengan kita? Apakah kamu benar-benar memiliki kompetensi dalam karir atau bidang tersebut? Apakah kita dapat bersaing dengan yang lainnya dalam karir ini?

Keempat, membuat sebuah rencana untuk mendapatkan menggapai karir kita. Kita dapat membuatnya dengan berdasarkan. Mencari pengetahuan yang belum kita ketahui dalam karir tersebut. Menambah skil untuk meningkatkan kualitas diri kita.  Mencari informasi terkait kesempatan bekerja yang ada, dan menghitung potensi apakah kita dapat bekerja di tempat perusahan yang kita inginkan,

Kelima, mengimplementasikan rencana kita berdasarkan apa yang sudah dirancang. Kita bisa lakukan dengan melakukan langkah-langkah seuai waktunya. Mengevaluasi proses kita waktu demi waktu dan melakukan sebuah perubahan pada diri kita. Tidak lupa dengan menulis apa yang sudah direncankan dan mengceklist di sebuah papan besar,

Pen : Achmad Faqih Hidayatullah PAI 7

[Editor.Jahhid]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *