KKN UNIDA Gontor Putri; Optimalisasi Budidaya Ikan Lele di PMDG Putri 1

Tahun ini, kegiatan KKN di UNIDA Gontor berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Dikarenakan adanya pandemi Covid-19 yang belum usai, maka mahasiswa semester 6 yang seharusnya melaksanakan KKN di luar kampus dialihkan di dalam kampus. Kegiatan KKN-Tematik di UNIDA Gontor Kampus Putri diadakan sejak tanggal 7 April sampai 1 Mei 2021.

KKN Tematik adalah KKN yang berorientasi pada program kegiatan dengan fokus bidang tertentu sesuai dengan permasalahan yang ada dimasyarakat, kebijakan pembangunan yang diselenggarakan oleh pemerintah wilayah setempat maupun perguruan tinggi.

Kegiatan KKN-Tematik ini dilakukan selama 20 hari yang diikuti oleh 107 kelompok khusus di Kampus Putri. Setiap kelompok mengambil mitra berbeda sebagai tempat pelaksanaan kegiatan. Kelompok 38 dengan ketua Asma Latifah Wafi/IQT, dengan anggota Yuni Astitin/MB, Nanda Kurnia/PAI, Euis Badriyah/IQT, dan Nurul Atikasari/IQT serta DPL Al-Ustadzah Nurul Marfu’ah, M.Si memilih mitra “Budidaya Ikan Lele PMDG Putri 1 Mantingan-Ngawi”.

Program kerja yang dilakukan oleh kelompok 38 di tempat mitra salah satunya bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan karyawan mengenai budidaya ikan lele yang mencakup pakan, kesehatan, penyakit beserta perawatannya dan juga segala hal yang berhubungan dengan budidaya ikan lele yang baik dan benar.

Kegiatan yang dilakukan di antaranya adalah penyuluhan tentang pemeliharaan dan perawatan ikan lele, pembuatan pakan alternative, dan disertai pelatihan pembuatannya dengan narasumber Bapak Mashuri dari Lampung Timur yang telah berpengalaman dalam budidaya ikan lele selama 25 tahun.

Praktek pembuatan pakan alternatif dilakukan oleh seluruh peserta KKN kelompok 38 bersama karyawan dengan memanfaatkan bahan-bahan limbah, seperti sisa ikan bandeng, ampas tahu, dedak katibula, dan daun pepaya. Pembuatan pakan alternatif bertujuan untuk menghemat biaya, serta tingkat ketergantungan dengan bahan pakan pabrik berkurang.

KKN Kel. 38

Penulis : Asma latifah wafi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *