KKN UNIDA PUTRI; PENDAMPINGAN HIGENISASI DAN SANITASI LINGKUNGAN PRODUKSI MAKANAN KOPERASI DAPUR UNIDA KAMPUS MANTINGAN

Koperasi dapur merupakan salah satu mitra terpenting di Universitas Darussalam Gontor. Menggunakan sistem ‘Universitas Pesantren’ menjadi alasan diwajibkannya mahasiswi untuk menetap di asrama yang telah di sediakan oleh universitas. Hal ini tentunya menjadi keharusan bagi universitas untuk memenuhi kebutuhan makanan mahasiswi yang menjadi pentingnya keberadaan koperasi dapur di Universitas Darussalam Gontor.

Dalam memproduksi makanan sangan penting untuk memperhatikan kehigenisannya baik dalam segi lingkungan maupun dari segi sanitasi pekerja yang bersentuhan langsung dengan proses produksi makanan. Higienitas adalah kondisi yang menjamin keamanan dan kesesuaian pangan pada semua tahap pembuatan makanan, sedangkan sanitasi adalah merupakan upaya pencegahan terhadap makanan dan minuman agar aman untuk di konsumsi dan terbebas dari kontaminasi, mulai dari prepasi makanan, proses pengolahan, pengankutan, penyimpanan, sampai tahap penyajian, sehingga makanan dan minuman siap dikonsumsi oleh konsumen.

Sedangkan sanitasi adalah perilaku disengaja dalam pembudayaan hidup bersih dengan maksud mencegah manusia bersentuhan langsung dengan kotoran dan bahan buangan berbahaya lainnya dengan harapan usaha ini akan menjaga dan meningkat kesehatan manusia.

Setelah melaksanakan observasi ke mitra sebelum melaksanakan KKN Tematik, kelompok 64 menemukan beberapa permasalahan yang ada dalam mitra yang berhubungan dengan higenisasi lingkungan produksi makanan dan sanitasi penjamah makanan. Menurut Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor 942/Menkes/SK/VII/2003 Tentang Pedoman Persyaratan Higiene Sanitasi Jajanan bahwa yang termasuk hygiene perorangan, seorang penjamah makanan adalah (Purwaningtiyas, 2013):

  1. Menjaga kebersihan pakaian
  2. Menjaga kebersihan kuku dan tangan
  3. Menjaga kerapian rambut
  4. Memakai celemek dan tutup kepala
  5. Mencuci tangan setiap kali ketika ingin menangani makanan

Dengan adanya keputusan Menteri Kesehatan RI ini kami menggunakan keputusan tersebut sebagai sarana sosialisasi untuk mengajarkan kepada seluruh pekerja yang ada di koperasi dapur UNIDA, agar seluruh pekerja koperasi dapur dapat mengetahui bagaimana cara menjaga kebersihan diri ketika hendak memproduksi makanan. Dan dapat merubah perilaku kebersihan pekerja menjadi lebih baik untuk dapat meproduksi makanan yang higenis dan sehat.

 

KKN Kel. 64 terlihat sedang merapikan bahan-bahan pangan

Dan dapat merubah perilaku kebersihan pekerja menjadi lebih baik untuk dapat meproduksi makanan yang higenis dan sehat. Sedangkan dalam segi higenisasi Menurut BPOM (2003) tempat penyimpanan bahan baku dan produk akhir harus terpisah dan harus selalu dalam keadaan bersih. Hal ini dilakukan untuk mencegah perkembangan mikroorganisme pathogen atau secara langsung mengontaminasi bahan makanan apabila ruangan penyimpanan lembab dan perlu diperhatikan kondisi kebersihan keadaan sekitar tempat pengonsumsian, sanitasi sarana dan lingkungan pada produksi penyelenggaraan makanan fasilitas dan kegiatan higiene dan sanitasi diperlukan untuk menjamin agar bangunan dan peralatan selalu dalam keadaan bersih dan mencegah terjadinya kontaminasi silang dari karyawan.  (N.A, 1990)

Dalam pelaksanaannya, kami memberikan sosialisasi kepada pekerja dapur mengenai Sanitasi Tenaga Penjamah Makanan sesuai standarisasi yang telah dikeluarkan kemenkes. Sosialisasi dilaksanakan dalam 2 hari serta memberikan alat penutup kepala dan celemek anti air kepada para pekerja agar kebersihan tetap terjaga.

Setiap harinya dilakukan kontrolisasi kepada para pekerja mulai dari kebersihan kuku, kerapihan rambut, pakaian, serta lingkungan produksi makanan. KKN Tematik kel. 64 juga melakukan pembersihan secara besar besaran di tempat produksi makanan dan melakukan pembasmian hama karna ditemukannya serangga-serangga di tempat produksi. Pembersihan juga dilakukan di tempat makan mahasiswi dengan mencuci semua meja dan kursi serta melakukan pengecatan ulang sehingga tempat makan lebih nyaman untuk di gunakan oleh mahasiswi. (Rabu, 21 April 2021)

KKN Kel. 64

Penulis: Nur Azizah

Editor: Admin

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *