Appreciate Time for a live

لاَ تُؤَخِّرْ عَمَلَكَ إِلىَ الغَدِ مَا تَقْدِرُ أَنْ تَعْمَلَهُ اليَوْمَ

“Janganlah menunda pekerjaanmu hingga esok hari, jika kamu dapat mengerjakannya hari ini’’

Kehidupan merupakan karunia dari Allah SWT. Kehidupan menjadi tempat singgahan singkat bagi manusia. Karena kehidupan hakiki adalah kehidupan setelah mati yaitu Akherat. Banyak sekali kenikmatan yang Allah berikan kepada kita, hanya saja kita belum mensyukurinya (sebagai bentuk appreciate time for live) dan masih merasa kurang.

Derasnya arus kehidupan yang harus diarungi musliman hari ini, perlu di siasati dengan cermat dan tepat agar bertahan dalam keteguhan iman dan tidak terjatuh dalam jebakan-jebakan dunia yang semakin menggilas. Dunia ini seperti bayangan karena, jika kita mengejarnya menjauhlah dia, sebaliknya ketika kita meninggalkannya maka dia pun mendekat. Dunia ini seperti air laut yang menambah rasa haus bagi orang yang meminumnya. Dunia sebagai tempat bermain dan senda gurau belaka.

Dan tiadalah kehidupan dunia ini melainkan senda gurau dan main-main. Dan sesungguhnya akherat itulah yang sebenarnya kehidupan, jikalau mereka mengetahui.” (Q.S Al-Ankabut:64)

Ketika kita mendapatkan suatu amanah yang penting, jadikanlah amanah tersebut sebagai tanggung jawab kita dihadapan Allah SWT. 4 keutamaan penting yang senantiasa menjadi lika-liku agar selamat menjalankan amanah tersebut: Pertama Ikhlas, pada dasarnya ikhlas merupakan amal bagi hati. Dimana ikhlas adalah mengerjakan suatu pekerjaan semata-mata hanya di tunjukan untuk Allah SWT. Kedua Sabar, dalam syariat islam sabar itu menahan jiwa dari berkeluh kesah, menahan lisan agar tidak mengadu serta menahan anggota badan dari penyakit.

Ketiga Istiqomah, Istiqomah dapat membentuk kedisiplinan dalam mengerjakan pekerjaan. Orang yang mempunyai kedisiplinan biasanya sangat menghargai waktu dan tahu bagaimana memanfaatkan waktu dengan benar. Keempat Tawakkal, Tidak semua usaha yang kita lakukan dapat membuahkan hasil seperti yang kita inginkan. Oleh karena itu, sikap tawakkal sanagt diperlukan untuk menjaga agar terhidar dari sikap kecewa dan putus asa, jiak hasil usaha tidak sesuai dengan harapan kita.

وَ العَصْرِ 1) إِنَّ الاِنسَانَ لَفِي خُسرٍ 2) (سورة العصر:1- 2

Artinya : “ Demi Masa, Sesungguhnya manusia benar-benar dalam keadaan merugi” (Q.S Al-‘Asr)

Maka dari itu, sebagai umat manusia hanyalah dapat berusaha dan tanpa bisa menentukan. Rencana Allah sangatlah indah. Segala amanah yang kita terima adalah titipan dari Allah jangan sampai kita menunda-nunda dan membiarkan waktu terus berjalan. Jadilah pribadi yang luhur dan memiliki akhlak Al-Karimah.

_admin_

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *