Mengenal Dunia Tilawah Bersama Qori’ah Internasional

Kampus Putri_Markaz Qur’an, Universitas Darussalam Gontor putri kembali mengadakan Daurah Tilawah. Berbeda dengan tahun – tahun sebelumnya, narasumber daurah tilawah ini adalah salah satu Qari’ah Internasional 2016 di Kuala Lumpur, Malaysia. (20/02).

Kegiatan tahunan Markaz Qur’an ini telah berjalan selama 2 tahun. Daurah Tilawah bersama Ustadzah Mastia Lestaluhu S.Sy memberikan semangat belajar kepada Mahasiswi UNIDA Gontor putri. Kegiatan yang belangsung selama 3 hari mulai 17-19 Februari 2020, memberikan inspirasi baru untuk dapat lebih mendalam mempelajari al-Qur’an dan memahami isi kandungannya.

Ustadzah kelahiran Ambon ini telah banyak berpotensi dalam dunia Qira’ah serta banyak meraih kejuaraan tingkat nasional maupun internasional. Hadir dosen aktif Mantingan dalam pembukaan Daurah tilawah tersebut seperti Ustadz Hifni Nasif, Ustadz Andi Triawan, Ustdzah Siti Nikmatur Rohma.

“Kembangkan potensi dan kemampuan kalian didauroh ini semoga melalui dauroh tilawah ini membangkitkan kesemangatan kalian untuk senantiasa membaca menghafal memahami dan mengamalkan isi al-quran untuk diri kalian dan masyarakat.”Ujar Ustadz Nur Hadi Ihsan dalam sambutannya.

Tujuan kegiatan ini diadakan unntuk membangkitkan semangat Mahasiswi untuk senantiasa mempelajari membaca dan mengamalkan isi Al-Qur’an. Acara yang berlangsung di Aula Aisyah. Di ikuti oleh staff markaz Zona Qur’an dan Mahasiswi UNIDA Gontor yang terpilih sebagai peserta daurah tersebut. Beberapa mahasiswi yang memiliki skill yang baik dalam tilawah dapat meningkatkan potensi yang luas dalam daurah tersebut.

Di samping itu, pengenalan tajwid dan Makhraj Huruf  yang di ajarkan oleh beliau memberi semangat antusias dalam menampilkan tilawah seni baca Qur’an atau yang bisa di sebut Mujawwad. Pelatihan pernapasan serta belajar tahsin bersama membantu untuk melancarkan suara dalam membaca Al-Qur’an.

pelatihan Bersama Ustdzah Mastia

Pada penghujung akhir acara, daurah tilawah tersebut di tutup langsung oleh Ustadzah Nikmatul Rohma dengan menyampaikan beberapa pesan dan kesyukuran telah didakan acara seperti ini,“Dengan kedatangan tamu yang sangat istimewa ini, kami dapat belajar banyak dalam dunia Qira’ah dan Tilawah. Rela meluangkan waktu untuk datang ke kampus UNIDA Gontor putri dengan bahagia. Harapan kedepannya, usai mengikuti kegiatan dauroh tilawah ini agar tetap istiqomah dalam berlatih. Jangan stop disini dengan artian usai mengikuti dauroh ini kalian malah tidak latihan lagi. Ini salah, kewajiban kita untuk mengamalkan ilmu yang telah ustadzah Mastia ajarkan kepada kita, kita ajarkan ke teman teman kita. Dan harapan saya semoga disini nanti muncul Mastia-mastia kecil yang insyaallah bisa melanjutkan perjuangan antum ustadzah mastia.” Ujar Ustadzah Nikmah dalam sambutan penutupnya.

Begitupun peserta dauroh juga memberikan kesan dan pesan diakhir kegiatan dauroh tilawah ini. Kesan pesan yang disampaikan oleh mahasiswi Mila Arum dari prodi IQT semester 4 “Selama dauroh yang pernah saya ikuti. Baru kali ini saya merasa ada perubahan besar dalam diri saya dan wawasan saya alhamdulillah semakin bertambah selama mengikuti kegiatan dauroh ini. Karena ajaran benar-benar dari nol mulai dari tahsin makhrajul huruf, tajwid, latihan pernafasan dan seni baca al-quran mujawwad. Sampai terbesit dihati kami mungkin dilain waktu kalau kami belajar langsung dirumah Ustadzah Mastia. Setelah mengikuti dauroh tilawah selama 3 hari ini kami tahu bagaimana cara pelafalan makhraj dan tajwid yang benar.” Ungkapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *