Orientasi perdana KKN 2020, UNIDA Gontor Putri

Kampus Putri_ Universitas Darussalam Gontor putri mantingan telah mengadakan pembekalan KKN 2020. Kegiatan tahunan menjadi sunnah pondok dalam setiap kegiatannya. KKN (kuliah kerja nyata) adalah Bentuk kegiatan kepada masyarakat oleh mahasiswa dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektural pada waktu daerah tertentu di Indonesia. (04/20)

Acara terlaksana di Aula Kulliyatul Banat Gontor Putri 1 dengan melibatkan seluruh civitas akademika UNIDA Gontor semester 6. Kegiatan berlangsung selama 1 minggu, pada 30 desember-04 Januari 2020. Pembekalan KKN menjadi tempat orientasi pertama kali dalam pelatihan tersebut.

Selain itu, mahasiswi diberikan pengarahan terlebih dahulu oleh ketua KKN, Al-Ustadz Nur Syahid mengenai sejarah KKN “Niatkan semua karena Allah dengan mewujudkan tujuan Rahmatan Lill’alamin” Unggkap Ustadz Nur Syahid.

Pada pelaksanaan ini, kegiatan KKN berlangsung ketika pada bulan Ramadhan. Mahasiswi di latih untuk terjun langsung dalam mengikuti kegiatan bersama masyarakat. oleh karena itu, mereka harus mempersiapkan sebelum mengikuti kegiatan tersebut.

KKN 2020 tahun ini bertemakan “Sains, Teknologi dan Islamisasi ilmu pengetahuan untuk berkhidmah bagi bangsa” dengan terbagi dalam tema khusus yaitu Mempunyai tujuan, target yang jelas terhadap kebutuhan masyarakat serta dilaksanakan secara multidisipliner.

Mahasiswi semester 6 menerima pembekalan kurang lebih setiap harinya mulai pagi hingga malam hari. Proses ini tidak menjadi hambatan bagi mereka dalam persiapan menghadapi KKN. Pada setiap materi yang diberikan dibimbing lansung oleh para dosen – dosen mantingan, sehingga lebih pembekalan tersebut menjadi lebih mudah dan lebih teratur.

Beberapa materi KKN seperti, Pengenalan sejarah, Panduan kegiatan, Sistem pemerintahan desa, Sosiologi dan teknik memotivasi masyarakat, Peta aliran di Indonesia, Peta dakwah di Indonesia, Kemampuan komunikasi dan Hubungan Internasional, Partisiratory Action Research, Mapping, Kalender musim, Transect, Diagram venin, Trend and Change, Pohon masalah dan harapan, Matrik rangking dan analisis relevansi, Teknis penulisan laporan pra, Ruqyah, dan Sop Tibbun nabawi.

“kekuatan semangat yang dapat mensukseskan kegiatan kita semua, tidak ada kerja tim tidak ada kata sukses didalamnya. Maka, jangan setengah dalam bekerja sepenuhnya kita niatkan Lillah” ujar Ustadzah Stefi dian. (Admin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *