NCC (National Calligraphy Competation) 2019, Mengukir Prestasi Dengan Tulisan Islami

UNIDA Gontor_ Markaz Khat Universitas Darussalam Gontor kampus putri telah mengadakan NCC (National Calligraphy Competition) 2019. Acara ini menjadi ajang silahturahmi antar Calligrafer Nasional. Persiapan dari bulan sebelumnya telah di umumkan, pada puncak akhir ialah Seminar sekaligus pameran kaligrafi untuk para pemenang karya akan dipajang pada pameran tersebut. (25/12)

Acara ini melibatkan seluruh anggota UKM Khat UNIDA Putri. Sebagai panitia pelaksanaan, kegiatan ini merupakan kegiatan perdana di UNIDA Gontor putri sendiri. Karena sebelumnya Pameran kaligrafi terakhir diadakan di Jombang pada tahun 2017 silam. Kemudian UNIDA Gontor mencoba mengadakan kegiatan pada tahun ini.

Perlombaan Kaligrafi nasional menjadi sorotan baru bagi kaligrafer nasional. Banyak dari mereka yang mengirimkan karyanya, akan tetapi hanya ada 6 orang pemenang yang akan di undang dalam mengikuti seminar penutupan NCC tersebut. Ada 2 jenis khat yang dilombakan oleh NCC yaitu, Khat Ri’ah dan Khat Diwani.  

Menulis kaligrafi adalah sebuah keunikan tersendiri dari ulama-ulama terdahulu. Ilmu kaligrafi dapat dikatakan sakral, sebagaimana ilmu-ilmu yang lainnya. Jika ilmu menulis ini dapat ditekuni akan membuahkan hasil yang baik. Bagaikan orang pintar akan kalah pada orang yang rajin. https://dema.unida.gontor.ac.id/2019/09/25/mengembangkan-seni-islami-dengan-kaligrafi/

Berbagai macam seseorang dalam menilai pendapat ilmu dalam menulis khat diantaranya, Pertama, Menulis banyak tapi tidak berpikir banyak. Kedua, tidak banyak menulis tapi berpikir banyak. Ketiga, banyak bicara tetapi tidak menulis apa-apa. Inilah kriteria orang-orang dalam menilai kaligrafi.

Seminar kaligrafi sendiri akan diisi oleh narasumber yaitu Master Of Calligraphy Gontor, Al-Ustadz Muhammad Nur, LC. Dengan tema “Reposisi Peradaban Islam melalui seni Kaligrafi”.

‘’Peradaban melahirkan cara pandang, cara pandang melahirkan tindakan dan berbuah pada ilmu pengetahuan. Dari ilmu pengetahuan tersebut dapat disimpukan bagaimana tindakan yang akan terlahir cara pandang kita terhadap zaman sekarang. Dasar dari peradaban islam adalah Ilmu.”unggkap Ustadz M.Nur dalam seminarnya.   

Setelah usainya seminar tersebut, mengantarkan peserta kepada pembagian hadiah bagi pemenang NCC 2020. Untuk kategori Khat Ri’ah ialah Nihan Hanina Juara 1 asal Jombang, Jusmidar Juara 2 asal Mantingan, Nur Diana Kholidah Juara 3 asal Jember. Kategori Khat Diwani ialah Fitria Dewi Masyitoh Juarai 1 asal Malang, Desi Rohmawati Juara 2 asal Jombang, dan Riza Nurlaila Juara 3 asal Mantingan.  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *