Meningkatkan Mahkota Gontor; UNIDA Gontor melaksanakan Ujian Komprehensif Bahasa Arab

Kampus Putri_20/12/19, Universitas Darussalam Gontor kampus putri serentak melaksanakan Ujian Komprehensif Bahasa Arab. Ujian yang melibatkan semester 6 wajib mengikutinya serta semester 4 sebagai ujian percobaan. Dibuka resmi oleh ketua BAAK Ustadz Setiono dengan menyampaikan beberapa pengarahan mengenai ujian tersebut.

Ujian terlaksana pada semester genap sebagai ujian untuk pengambilan skripsi pada tugas akhir kuliah. Acara di laksanakan pukul 07.00 WIB di belakang gedung mesir. Pada pembagian ruang ujian, gedung mesir dan gedung al-azhar menjadi pusat pelaksanaan ujian berlangsung. Setelah memasuki ruang ujian, petugas ujian membagikan kertas soal dan jawaban. Kemudian membacakan tata tertib ujian.

Tujuan pelaksanaan ujian bahasa ini, agar dapat mengukur seberapa besar kompetensi mahasiswi dalam berbahasa baik dalam keseharian maupun sebagai mata pelajaran wajib di kelas. Sebagai mahkota pondok, UNIDA Gontor juga menerapkan wajib berbahasa inggris dan arab. semua ini menjadi landasan dasar utama pendidikan Gontor.

Dari mahasiswi semester 4 yang mengikuti ujian tersebut sebanyak 20 orang, mahasiswi semester 6 kurang lebih 200 orang serta dan mahasiswi semester 8 sebanyak 10 orang. Semua serentak mengerjakan soal yang sama. Ada 3 mata pelajaran bahasa arab, yaitu Tarjamah, Muthola’ah dan Takbir.

“Baru tahun ini ada sistem yang mengikuti untuk semester 4, jadis aya hanya mencoba untuk ikut. Hasil tinggal tawakkal pada Allah saja” ujar Ustadzah Abqorina, semester 4/PAI.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *