PERKEMAHAN BAKTI SAKTA KALPATARU DAN WANABAKTI TINGKAT NASIONAL 2019

Cibubur – Perkemahan Bakti Saka Kalpataru Dan Wanabakti Tingkat Nasional 2019 atau di sebut dengan PERTIKAWAN NASIONAL 2019, adalah untuk memberikan wadah kegiatan bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega anggota Saka Kalpataru dan Saka Wanabakti dalam upaya meningkatkan kemampuan dan keterampilan secara khusus suatu bidang Lingkungan Hidup dan Kehutanan sehingga tercipta keselarasan gerak dan langkah dalam pencapaian sasaran pembinaan dan pengembangan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega. Adapun kegiatan ini dilaksanakan di Bumi Perkemahan Nasional Cibubur, Jakarta pada tanggal 18-25 November 2019.

Kegiatan ini adalah kegiatan perdana bagi saka kalpataru dan saka wanabakti, yang dulunya hanya saka wanabakti yang melaksanakan sekarang diadakan oleh dua saka yakni saka kalpataru dan saka wanabakti. Adapun Tema pada kegiatan kali ini ialah “Lestarikan Bumi, Sejahterakan Masyarakat”, dengan tujuan sebagai wahana mengaplikasikan keterampilan dan memberikan kecakapan bagi anggota satuan karya pramuka kalpataru dan wanabakti.

Adapun kali ini mempunyai maskot “Si Cebi” Celepuk biak merupakan satwa endemik yang berasal dari Pulau Biak, Papua Barat.  Dipilihnya Celepuk Biak sebagai maskot adalah diambil dari nilai historisnya yaitu memberikan pesan kepada kita agar menjaga kelestarian habitat satwa-satwa, membebaskan mereka dari perdagangan ilegal dan tidak memburu satwa-satwa yang sudah dilindung.

Adapun jumlah peserta pertikawan nasioinal 2019 kali ini adalah 2600 Peserta Penegak Pandega dari seluruh penjuru Indonesia dan negara tetangga seperti Malaysia Dan Timor Leste. Pada tanggal 29-30 Oktober 2019 Dewan Kerja Nasional (DKN) Mengadakan Open recruitment National Service Team untuk kegiatan PERTIKAWAN NASIONAL 2019, Alhamdulillah pada hasil seleksi tersebut terdapat 170 Orang yang lulus dari seluruh Indonesia Salah satunya ialah Muhammad Alwi, dia terpilih sebagai Sangga Kerja / Panitia Pertikawan Nasional 2019 Kategori Bagian Kegiatan, dalam hal itu Muhammad Alwi juga sebagai perwakilan Racana Al-Faraby 04.091, Universitas Darussalam Gontor, Kwarcab Ponorogo, Dan Kwarda Jawa Timur.

Adapun pada kegiatan Pembukaan Kegiatan PERTIKAWAN NASIONAL 2019, Muhammad Alwi juga Terpilih sebagai Pembaca Dasa Dharma Pramuka, ini suatu kebanggaan pada diri sendiri karena dia baru pertama kali ke Bumi Perkemahan nasional cibubur dan bisa langsung menjadi Panitia atau Sangga kerja Pada event Nasional ini.

Adapun PERTIKAWAN NASIONAL TAHUN 2019 ini di buka oleh  Mentri Lingkungan hidup Dan Kehutanan Yakni Oleh Kak. Siti Nurbaya selaku Mabisaka Nasional Kalpataru Dan Wanabakti. Adapun pesan sambutan dari yang beliau sampaikan adalah “ Masalah lingkungan hidup di Indonesia dan dunia semakin banyak kompleks  dan penting untuk segera diambil langkah-langkah penyelesainnya, untuk menjamin keberlangsungan kehidupan mendatang maka dibutuhkan gerakan sosial yang kuat dan meluas, dan gerakan itu ada pada GERAKAN PRAMUKA. Pramuka yang dekat dengan gerakan sosial diharapkan dapat turut serta berperan dalam perbaikan lingkungan hidup demi kelangsungan hidup dimasa yang akan datang PRAMUKA SEBAGAI GREEN INSPIRITER.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *