Silaturahim Al-Ustadz H. Abdul Shomad, Lc.MA ke Pondok Modern Darussalam Gontor Putri

Mantingan_ Pondok Modern Darussalam Gontor putri telah didatangi oleh salah satu cendekiawan dakwah Nasional yang terkenal yaitu Al-Ustadz H. Abdul Shomad, Lc. MA. kedatangan beliau menjadikan alasan untuk tidak masuk kelas pada hari itu. acara begitu besar dengan penyambutan yang istimewa oleh santriwati Pondok Modern Darussalam Gontor putri. (23/11)

Acara besar ini dihadiri oleh santriwati Pondok Modern Darussalam Gontor putri kampus 1, 2, 3, dan Mahasiswi UNIDA Gontor. Acara dilaksanakan di Qo’atul Khubra Gp 1, yang mana jumlah seluruh santriwati PMDG dan mahasiswi UNIDA Gontor ternilai sebanyak 7.000 peserta yang hadir saat itu.

terlihat pada foto di kiri kursi depan, Ustadz Hur Hadi Ihsan, Ustdz Abdul Shomad dan Ustdz Suharto

Kedatangan UAS ke PMDG ini baru pertama kalinya. Dengan alasan beliau ketika itu diajak Ustadz Ma’ruf (Pengasuh GP 7) untuk menjemput Ustadz Hasan Abdullah Sahal dan Bu nyai di Airport Riau. Begitu bahagianya beliau ketika itu ingin bertemu Ustadz Hasan.

Ucapan selamat datang dan terima kasih kepada Ustadz Abdul Shomad oleh Bapak Pengasuh Gontor Putri Al-Ustadz Suharto. Beliau menyampaikan bahwasanya Bhineka Tunggal Ika itu ada di Gontor. Dalam artian semua persatuan dan kesatuan seluruh Indonesia ada di Gontor.

“Sekali berkunjung ke Mantingan tidak akan pernah melupakan”ujar Ustadz Suharto dalam sambutannya.

Kampung damai dengan kata Darussalam bernilai sangat agung. Oleh karena itu UAS tidak pernah terbesitkan sampai menginjakan kaki di Pondok Modern Darussalam ini.

Acara silaturahim ini bertemakan “Menyiapkan Murabbiyat Untuk Generasi Terbaik”. Beliau menyampaikan bahwa terdapat 3 kunci sukses dalam Pendidikan yaitu

إِنشَاءُ الشَيءِ حَالًا فَحَالًا إِلَي حَدِّ التَّمَامِ

Orang tidak pernah mau tau prosesnya, tetapi hanya mau tau hasilnya. Ustadz Abdul Shomad menyampaikan bahwa pemimpin negri yang baik dilihat wanitanya, jika wanitanya buruk maka generasinya akan hancur dan jika wanitanya baik maka generasinya akan baik.

النُّمُوا و الزِّيَادَةُ

Tumbuh dengan banyak ilmu yang bermanfaat. Begitu juga dengan perintah malaikat jibril kepada Nabi Muhammad SAW atas anjuran untuk “Membaca”. Dari pemaparan ini beliau menyampaikan, Tumbuh dengan perkembangan yang baik melalui proses yang panjang sehingga mendapatkan tambahan ilmu pengetahuan selama proses itu berlangsung.

التهذيب و التعديب

Kalimat kedua ini tidak bisa di lepaskan dan saling berkaitan satu sama lainnya. Maka, pengertian “Etika” dibentuk oleh manusia, sedangkan “Adab” tidak dibentuk oleh manusia melainkan dari ajaran agama khususnya Agama Islam.

Kesempatan waktu yang sangat berharga dapat kita ambil dari pengetahuan yang telah disampaikan oleh Ustadz Abdul Shomad. Setelah beliau bersilaturahim ke Gontor putri 1, beliau melanjutkan silaturahmi ke Gontor Putri 3 tepatnya di daerah Widodaren.

Kesyukuran yang sangat berharga bagi kita semua. Mendapatkan kunjungan Ulama besar seperti beliau. Setelah itu keesokan harinya beliau akan melanjutkan silaturahim ke Gontor Pusat, Ponorogo dan UNIDA Gontor, Siman.

(Sintya/Per’s UNIDA)     

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *