Arabic World Festival (AWF) 2019: Mahasiswi UNIDA Gontor tembus pada ajang perlombaan Dunia Arab

Yogyakarta_06 Oktober 2019, Universitas Darussalam Gontor Kampus Putri telah mengirimkan delegasi pada perlombaan Arabic World Festival (AWF)’19. Acara yang diadakan oleh Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta ini merupakan perlombaan dengan meliputi kategori Mahasiswa/I tingkat S1/D3 dan Umum.

Lomba kategori Mahasiswa terdiri atas Debat Bahasa Arab, Puisi Bahasa Arab, dan Baca Berita Arab. Sedangkan kategori Umum terdiri dari Kaligrafi, Arabic Star, Pidato Bahasa Arab, dan Musabaqah Qiraatil Kutub.

Pada delegasi Universitas Darussalam Gontor kampus putri  delegasi Mahasiswi sebanyak 6 orang yaitu untuk Debat Bahasa Arab diwakili oleh Ustadzah Aurelia Sekar (HI/3), Ustdazh Dina Ayu Wulandari (PBA/3), Ustdazah Ami Fitriani Siregar (PBA/3). Baca Berita Arab diwakili oleh Ustdzah Rehani Gehan (MB/3), kemudian Pidato Bahasa Arab yang diwakili Ustdzah Asma Lathifah Wafi (IQT/3), dan lomba Kaligrafi yang diwakili oleh Ustdzah Maimanah Adilah (IQT/3).

Acara ini berlangsung selama 3 hari, mulai 06 – 08 Oktober 2019. Perlombaan yang melibatkan dari beberapa Universitas Negeri maupun swasta dan juga Pondok Pesantren di Indonesia. Acara dibuka dengan Opening Ceremony yang bertempat di Ruang Serba Guna Kampus 4 UAD (Universitas Ahmad Dahlan), dilanjut dengan Seminar Nasional dengan tema “Soft Diplomacy Indonesia Dalam Merespon Isu-isu Kontemporer di Timur Tengah” yang berisi tentang peran diplomasi dalam menanggapi isu-isu kontemporer yang ada di Timur Tengah.

Di bawah bimbingan Dosen Markaz Bahasa. Delegasi di latih dengan sebaik mungkin sebelum pelaksanaan lomba tersebut. Kerja keras, tawakkal serta doa Tersampaikan dengan delegasi UNIDA pulang  membawa tropy Juara 3, sertifikat, dan uang tunai 300.000 di tangan.

Ustdzah Asma Lathifah Wafi (IQT/3) kelahiran Lampung ini, berhasil meraih Juara III di bidang perlombaan Pidato Bahasa Arab. Dengan judul Pidato “القرآن حال للإنقاذ أجيال القادمة وبناء الحضارة والإنسانية”. Usaha tidak menghianati hasil. Keberhasilan ini menjadi kesyukuran untuk UNIDA Gontor pulang dengan membawa buah tangan.“Perlombaan ini bukan hanya ajang mencari siapa yang menang melainkan ajang untuk dakwah dan silaturrahmi antar perserta”.Ujar Ustdzah Wafi, selaku pemenang lomba.

(Ulfatul Halimah/IQT/3)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *