Workshow SIT (Student International Treaning) With American Students

Kampus Putri_30/09/2019, Universitas Darussalam Gontor Kampus Putri telah kedatangan tamu Amerika Serikat yaitu Mahasiswa dan Mahasiswi dari berbagai Universitas di Amerika Serikat. Acara ini diadakan oleh Mahasiswi Prodi Hubungan Internasional. Acara dimulai pukul 20.00 WIB yang bertempat di gedung pascasarjana lt.3. Acara ini dihadiri oleh Staff Markaz bahasa, Bag. Bahasa Dema dan Desma.

Workshop SIT merupakan bukan pertama kalinya untuk diadakan, melainkan acara ini diselenggarakan setiap semester, karena bertepatan pada musim panas dan gugur di Negara luar. Dalam workshop tersebut mereka memperkenalkan bagaimana tradisi, budaya dan pendidikan di Amerika Serikat. Sangat berbeda sekali dengan berbagai peraturan, tata karma yang lain. Amerika Serikat dengan prioritas dari agama ateis tidak menghalangi mereka untuk dapat mempelajari budaya pesantren di Indonesia.

 

American Students Follow Us Playing a Basket ball

Kedatangan mahasiswa/I Amerika bertujuan untuk meneliti bagaimana pendidikan, system serta agama Islam itu sendiri. Tidak cukup itu, mereka berkeliling pondok untuk bisa menikmati segala aktifitas santri-santri. terlihat sangat antusias dna toleran untuk memahami dan menghormati budaya islam, tidak menjadi halangan bagi mereka untuk memakai Hijab sebagaimana mestinya seorang muslim.

Mahasiswi Amerika berjumlah 8 orang ini sangat menikmati kegiatan aktifitas pesantren dan kampus. Pada Workshop tersebut menjelaskan pengenalan Islamic boarding school UNIDA Gontor. Seiring berjalannya acara sebagai moderator oleh Shafa Arif (PAI/5) dan Zahra Hasanah (HI/3) menyatakan bagaimana pesantren menjadi bagian dari system perguruan tinggi di Indonesia. Dan berbagai penjelasan Panca Jiwa dan Motto yang menjadi almameter Pondok pesantren modern.

Acara “SIT” merupakan suatu komunitas diskusi akan pengetahuan internasional, seperti politik, budaya, pendidikan, ekonomi, dll. Pada komunitas yang menjadi program SIT Indonesia, Ibu Ari adalah salah satu ketua komunitas tersebut yang bertempat di kota Yogyakarta. beliau mempunyai program Student International Treaning. Menegnalkan orang asing akan budaya dan tradisi di Indonesia. Mahasiswa/I Amerika Serikat mengisi liburan 3 bulan di Indonesia sebagai tempat penelitian yang bagus dan cocok. Walaupun, mahasiswa/I bukan beragama islam tetapi toleran dan kekeluargaan sangat terasa sekali.

 

Workshop With American Students

(SINTYA KARTIKA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *