International Seminary: MENGULIK ISLAM DI UNITED STATE OF AMERIKA BERSAMA Ms. MARYIA KELLY

UNIDA GONTOR_23 September 2019, Universitas Darussalam Gontor kampus Putri mengadakan Acara Wisdom Speech dengan menghadirkan narasumber dari konsulat jendral Amerika yang berada di Indonesia tepatnya di kota Surabaya yaitu Ms. Maryia Kelly. Beliau merupakan salah satu imigran Belarus yang berhasil menjadi seorang diplomat di Amerika. beliau di besarkan di Belarus kemudia pindah ke Amerika Serikat ketika melanjutakan studinya di salah satu Universitas terkenal Amerika yaitu Universitas Pittsburgh. Acara bertempatkan di gedung Pascasarjana Lantai 2. tepat pukul 09.00 WIB acara dimulai, panitia telah mempersiapkan acara seminar ini dari minggu yang lalu.

Konsulat Jenderal Amerika Serikat di Surabaya merupakan sebuah misi diplomatik antara amerika dengan Indonesia. Perwakilan Amerika Serikat di Surabaya ini telah adasejak 1866, ketika carlo von oven tiba di Indonesia sebagai utusan diplomatic Amerika Serikat di Surabaya. pada agustus 1890, Jhon Lidgerwood dia angkat menjadi diplomat pertaa Amerika Serikat yang ditempatkan di Surabaya. Dan pada saaaat ini lah jawa timur mengalami kemajuan ekonomi yang dapat dibilang cukup pesat dengan adanya perdagangan rempah-rempah.

Konsuler Amerika Serikat adalah perwakilan yang sangat aktif terutama karena kemajuan industry di Surabaya yang mana melibatakan perusahaan Amerika seperti General Motors. Pada tahun 1918, agen konsuler Ameriaka Serikat di naikkan statusnya menjadi Konsulat penuh. Untuk sekarang Amerika Serikat dan Indonesia sendiri telah berkerjasama selama kurang lebih 70 tahun dari tahun 1949 setelah kemerdekaan Negara Indonesia.

Adapun tujuan diselenggarakanya acara ini untuk mengedukasi para mehasiswi Universitas Darussalam Gontor kampus Putri mengenai hubungan bilateral Indonesia dengan Negara super power Amerika Serikat, mengenal lebih dalam tentang Negara Amerika yang meliputi pendidikan dan pemerintahannya serta untuk berbagi pengalaman Maryia Kelly mengenai islam yang ada di Amerika Serikat sendiri.

Acara yang berlangsung cukup singkat ini diakhiri dengan pertanyaan dari para mahasiwi Universitas Darussalam seputar perkembangan islam di Amerika. “Semoga dengan adanya acara ini kita sebagai umat muslim dapat lebih memperkuat persatuan kita untuk menjunjung tinggi nilai-nilai islam yang ada di seluruh belahan dunia.” Ujar Usatdzah Fiani . (SINTYA KARTIKA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *